Kamis, 12 Februari 2009

HUNIAN (RUMAH / VILLA / APARTEMENT)

Hunian adalah awal suatu perjalanan dan tujuan akhir dari kehidupan sepanjang hari. sadar ataupun tidak kehidupan didalam hunian akan berpengaruh terhadap aktifitas kita diluar. Hunian bukan hanya sekedar tempat berteduh, lebih jauh hunian adalah tempat dimana kita meletakkan tujuan akhir perjalanan hidup kita, yaitu keluarga.
Sejak awal hunian harus dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai seorang makhluk sosial. Hunian harus bisa membangun komunikasi, mendukung belajar, membentuk manusia (fisik & nonfisik), menenangkan jiwa dan pikiran.

Pemilihan lokasi hunian, sebisa mungkin pilihlah lokasi yang jauh dari polusi (udara, suara, sampah), dekat dengan akses kerja, pendidikan, kesehatan, pasar & transportasi. untuk pemilihan lokasi Villa akan sedikit berbeda dengan rumah tinggal, karena sifat Villa yang hanya dipakai untuk tempat beristirahat, maka pemilihan lokasinya tidak harus mempertimbangkan dengan akses pendidikan dan kerja.

Desain hunian dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan atau tanah, kebutuhan/keinginan penghuni, ketersediaan modal & bahan. hunian yang memiliki ruang dengan berbagai elevasi akan cocok untuk kondisi tanah yang miring atau berundak-undak, karena tidak memerlukan material urugan yang besar.

Tidak ada komentar: